Kamis, 17 Mei 2012

PENGETAHUAN DASAR PENGANTIAN KOMPONEN

PENGETAHUAN DASAR PENGANTIAN KOMPONEN

Secara umum hampir semua jenis Handphone memiliki karakteristik komponen yang berbeda. Beberapa komponen berfungsi sebagai supply power, sbagai pendukung sinyal, penyimpanan data, penyalur suara ( Mic, Speaker, Dering ) dan pendukung fungsi2 lainya..

Untuk komponen-komponen tertentu,Misalnya BGA kita harus sangat hati2 dan pencopotan dan pengantian karena kalau tidak di lakukan dengan teknik yang benar akan mengakibatkan kerusakan pada PCB untuk itu beberapa hal yang harus di perhatikan adalah :

1. pada waktu pencopotan harus di perhatikan bahwa timah yang tersolder sudah benar-benar meleleh baru kita siap mengangkat komponen tersebut hal ini untuk menghindari terputusnya jalur Pada PCB.

2. Sbelum menganti dg komponen yang baru, bersihkan terlebih dahulu / ratakan bagian pucuk solder, kususnya, kususnya untuk BGA, pindahkan / Bersihkan Broken Ball ( Bola timah yang menempel pada PCB ) dengan hati-hati jangan sampai jangan sampai merusak jalur PCB.

3. Sebelum memasang komponen baru pastikan titik-titik solder tidak saling menempel pada komponen lain, pastikan sudah rata, bilamana di perlukan beri sedikit solderan baru sbelum meletak'kan komponen baru..

4. Untuk IC BGA pemasngan tidak perlu di berikan tekanan pada komponen tersebut.


Yang juga perlu kita perhatikan pengunaan temperarur dari Blower, dimana untuk komponen komponen tertentu tidak perlu digunakan temperatur terlalu tinggi. ( Contoh : CPU ) karena komponen tersebut mudah rusak, begitu pula untuk jenis Handphone tertentu PCB-nya tidak tahan terhadap panas.

Perlu kita perhatikan juga cara membersihkan / menangani PCB, pergunakanlah Material pembersih yang tepat dan jangan pernah mengunakan alat2 yang dapat menimbulkan goresan.

Begitu jugta untuk menganti komponen yang berada di bawah pelindung metal, lepas dahulu pelindungnya jangan memotong secara tidak teratur ataupun menekuknya..

Stelah di lakukan pengantian komponen, perlu kita perhatikan apakah posisi komponen tersebut sudah benar / tidak terbalik pastikan saluran sudah menempel dg baik, jangan sampai menimbulkan masalah baru dan perlu di perhatikan setiap kali slesai melakukan pengantian komponen bersihkan PCB scara hati2..

» JUST FOR YOU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar