Kamis, 17 Mei 2012

CARA BACA SKEMA JALUR HP

CARA BACA SKEMA JALUR HP


Langkah pertama agar kita dapat men-service Hp dengan baik kita harus mengunakan skema jalur. Kebanyakan skarang ini para teknisi tidak mengunakan skema jalur dan langsung menebak bagian yang rusak, padahal yang rusak belum tentu di bagian itu. Apa lagi kalau lemah sinyalnya atau mati totol langsung di ganti PA atau Switch Antena,nya, itu pun belum tentu dapat menyelesaikan masalah. Agar kita tidak keliru atau salah, kita harus berpedoman pada skema-skema Handphone yang sudah banyak di jumpai di pasaran.

Contoh kasus :


» MATI TOTAL

Langkah pertama kita melihat konektor baterai ( + ) dan ( - ) pada skema, kemudian kita ukur konektor baterai pada Hp yang mati antara ( - ) dan ( - ) dengan mengunakan multitester pada kalibrasi 1 Ohm jika problem pada multitester bagian positif dikenakan bagian ( - ) Hp pada prolem Hp negatif di hubungkan ke konektor baterai ( + ) Hp dan jarum multi tidak bergerak berarti Hp mati dan tidak Konslet. Jika jarum multi bergerak dan jika di balik masih bergerak berarti Hp mati konsleting.

LANGKAH MEMBACA HP KONSLET KITA HARUS MEMBACA SKEMA

Kita liat skema bagian sumber arus ( + ) yang masuk keberbagai peripherals.

Contoh :

1. PA kita lepas dulu kemudian kita Cek dengan multi bagian konektor baterai ( + ) dan ( - ), jika problem di bolak-balik jarum multi hanya bergerak sekali saja, itu berarti PA tersebut yang menyebabkan konsleting.

2. Jika PA dilepas masih tetap konslet, maka kita pasang kembali PA ketempatnya, Dan kita coba melepas IC power supply, jika jarum multi tidak bergerak bolak-balik maka yang rusak adalah bagian IC power supply nya.


Jika kita melihat skema Hp maka bagian-bagian skema ada blog-blog jalur. Contoh : bagian IC power supply pada jenis Nokia 3310, IC powernya mempunyai Blog N 201 itu berarti bagian blog yang berkepala dan kepala bagianya masih satu blog. Contoh V 202, L 200, C 227, C220. Asal depanya mempunyai angka2 yang sama itu masih satu blog, cara ini sangat mempermudah untuk mencari kerusakan-kerusakan yang timbul oleh bagian2 per blog..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar